Minggu, 20 Juni 2010

Ada Cara Mudah Meningkatkan SEO Di Blog Anda

Apa itu SEO untuk blog?

Secara sederhana, SEO atau search engine optimization untuk blog adalah teknik-teknik yang digunakan untuk memaksimalkan posisi ranking sebuah blog dimata mesin pencari (search engine). Semakin tinggi posisi ranking sebuah blog dimata mesin pencari, misalnya Google Search Engine, maka semakin besar peluang mendapatkan traffic pengunjung dalam jumlah besar.

Dalam kacamata search engine optimization (selanjutnya ditulis SEO), terdapat dua ranah penting yang harus diperhatikan untuk memaksimalkan posisi ranking sebuah blog dimata mesin pencari (search engine). Pertama, on-page optimization atau optimasi dalam halaman blog. Kedua, off-page optimization atau optimasi di luar halaman blog.

Artikel ini akan mencoba mengupas kunci menguasai SEO untuk blog berdasarkan kedua ranah optimasi seperti dijelaskan diatas.

Kunci SEO Untuk Blog Anda

(1) ON-PAGE OPTIMIZATION
Setidaknya terdapat dua elemen utama SEO dalam ranah on-page optimization. Pertama, blog attribute. Kedua, content attribute.

A. BLOG ATTRIBUTE
Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika Anda baru akan memulai membuat blog atau ingin memaksimalkan SEO bagi blog Anda adalah:

1. Nama domain
Nama domain yaitu alamat URL blog Anda. Meskipun memiliki peran dalam SEO, namun saat ini nama domain tak lagi diperhitungkan sebagai elemen utama SEO. Artinya, Anda tak perlu lagi terlalu terobsesi untuk memasukkan kata kunci yang Anda bidik sebagai nama domain. Akan lebih baik apabila Anda berusaha menciptakan nama domain yang catchy, mudah diingat dan mudah dilafalkan.

2. Nama blog
Nama blog bisa sama, namun bisa pula berbeda dengan nama domain blog Anda. Dalam kacamata SEO, nama blog memiliki peran penting. Ada baiknya Anda menciptakan nama blog sesuai dengan kata kunci yang Anda bidik. Meskipun demikian, jangan menciptakan nama blog yang susah diingat, terlalu generik atau pun terlalu panjang. Maksimal 80 karakter saja.

3. Meta tag
Secara sederhana, meta tag yaitu uraian ringkas mengenai isi situs dan kata kunci yang Anda bidik dengan blog Anda. Panjang deskripsi meta tag sebaiknya tak lebih dari 80 karakter.

4. Desain dan layout blog
Desain dan layout blog (theme) memiliki nilai cukup penting dalam kacamata SEO. Kebanyakan platform blog saat ini sebenarnya telah bersifat SEO-friendly. Namun sebagai kunci, patut diperiksa bahwa struktur kode konten harus selalu berada di bagian paling atas ketimbang bagian-bagian yang lain.

5. Gambar
Dalam kacamata SEO, atribut gambar akan memberikan nilai tersendiri, terutama untuk hasil pencarian images melalui mesin pencari. Panjang atribut gambar sebaiknya tak lebih dari 40 karater.

6. Atribut HTML
Atribut HTML terutama berkaitan dengan struktur heading tag HTML. Struktur heading H-1, H-2, atau H-3 sebagai penanda tingkat kepentingan judul di dalam konten akan memberikan nilai tersendiri dalam SEO.

B. CONTENT ATTRIBUTE
Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika Anda hendak menulis sebuah posting konten untuk blog Anda adalah:

1. Kata kunci (keywords)
Kata kunci adalah kata yang menjadi topik atau ide utama di dalam sebuah artikel di dalam blog. Dalam kacamata SEO, kehadiran kata kunci di dalam konten memiliki nilai yang sangat penting. Melalui kata kunci inilah mesin pencari akan memberikan nilai sebuah artikel atau blog di dalam hasil pencarian mesin pencari (Search Engine Result Pages). Semakin tepat jumlah dan pilihan kata kunci yang dipergunakan, semakin besar peluang optimasi mesin pencari yang bisa diberikan.

2. Jumlah kata kunci (keywords)
Jumlah atau tingkat kepadatan kata kunci tergantung pada panjang pendeknya sebuah artikel. Namun demikian, sebagai panduan, dalam setiap artikel setidaknya harus ada 2-5 kata kunci yang dibidik di dalam sebuah artikel. Terlalu banyak kata kunci dalam sebuah artikel justru akan memberikan efek negatif karena cenderung akan dianggap sebagai spam content oleh mesin pencari.

3. Variasi kata kunci (keywords)
Selain jumlah, faktor penentu SEO yang lain adalah variasi kata kunci. Ketika menulis konten, sebaiknya kata kunci yang dibidik tidak tepat sama dan sekedar diulang-ulang. Alih-alih mengulang-ulang sebuah kata yang sama, akan lebih baik apabila Anda menuliskan variasi atau sinonim kata kunci yang dibidik. Hal ini selain untuk mencegah stigma spam content oleh mesin pencari, juga akan semakin memperkaya perbendaharaan kata kunci yang Anda bidik.

4. Posisi kata kunci (keywords)
Sebagai panduan, posisi kata kunci sebaiknya berada pada kalimat pertama dalam paragraf pertama, serta pada paragraf terakhir. Meskipun demikian, ada baiknya supaya isi artikel tetap alami, kata kunci tersebar pada bagian tubuh artikel itu sendiri.

(2) OFF PAGE-OPTIMIZATION
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam ranah off-page optimization atau optimasi di luar halaman blog yaitu:

1. Jumlah backlink
Secara sederhana, backlink yaitu link yang berasal dari blog lain ke blog Anda. Semakin banyak backlink dan semakin berkualitas backlink yang memberikan tautan ke blog Anda, semakin besar pengaruhnya terhadap ranking SERP blog Anda di mesin pencari. Anda bisa mendapatkan backlink dengan cara:

- meminta backlink kepada blogger lain
- melakukan link exchange dengan blogger lain
- membuat backlink sendiri dari dummy blog
- melakukan linkbait
- menulis konten berkualitas yang membuat blogger lain mau secara sukarela memberikan backlink kepada Anda

2. Kualitas backlink
Backlink yang berkualitas memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

- berasal dari blog setopik
- berasal dari authority blog (minimal PR 7)
- one-way backlink
- tidak berasal dari link-farm

3. Natural backlink
Natural backlink merupakan backlink yang diberikan kepada sebuah blog dengan ciri-ciri sebagai berikut:

- link diletakkan di dalam kalimat (tidak di dalam blogrol)
- berupa variasi kata kunci
- berupa gabungan inbound dan outbound link
- link tidak berasal dari IP yang sama
- link berupa deep linking (link ke halaman artikel dan bukan ke halaman homepage)

Dengan melakukan atau memeriksa kembali poin-poin kunci SEO untuk blog diatas, upaya memaksimalkan posisi ranking di SERP (Search Engine Result Pages) bagi blog Anda niscaya akan mendapatkan hasil seperti yang Anda harapkan.

Apakah anda punya saran/komentar tolong tinggalkan di bawah sini.

Like This Article ?

2 komentar:

 
 
Copyright © 2013 BISNIS-NGEBLOGG - All Rights Reserved
Design By Junaedi Abdillah - Powered By Blogger