Minggu, 22 Agustus 2010

Ada Beberapa Cara Mengatasi Komputer Yang Gagal Masuk Ke Window

[Gambar 1. Ilustrasi User Gagal Proses Windows]
Menyalakan atau me-restart komputer, tapi komputer hanya menampilkan error pada saat mencoba masuk ke Windows adalah hal yang menjengkelkan. Artikel ini mungkin dapat membantu mengatasinya.

Ketika komputer startup, dan ternyata tak mau masuk ke Windows dengan error seperti 'dll not found' atau mungkin menampilkan 'blue screen' dapat disebabkan oleh banyak hal, antara lain:

  1. Sistem operasi Windows ada file yang secara tak sengaja terhapus

  2. Ada virus, spyware atau trojan yang ikutan 'loading' pada saat komputer startup

  3. Ada file (driver) yang rusak, dan ketika dibaca oleh Windows gagal

  4. Ada kerusakan pada hardware, terutama pada memori komputer atau harddisk

  5. Sistem operasi Windows rusak atau belum selesai diinstalasi

  6. Ada setting BIOS yang di-setting tak benar atau baru diubah


Cara mengecek dan mengatasinya adalah:

  1. Startup dengan menggunakan metode 'safe mode' (tekan F5 ketika komputer pertama kali mau masuk ke Windows, lalu pilih 'safe mode'). Kalau komputer berhasil masuk ke Windows berarti ada 'loading' yang tak bisa dibaca oleh Windows secara benar. Matikan 'loading' tersebut dengan menggunakan perintah 'msconfig' pada bagian startup (panggilnya di start>run>msconfig)

  2. Kalau komputer tak bisa masuk ke Windows, cara termudah yaitu repair Windows. Caranya yaitu masukkan CD instalasi Windows, terus ubah BIOS untuk startup lewat CD/DVD-ROM, setelah instalasi masuk ke bagian install Windows, pilihan opsi repair Windows. Kamu bisa menginstall ulang Windows ke folder baru atau menformat harddisk bila ternyata repair Windows gagal.

  3. Pastikan dahulu kamu tak mengubah setting BIOS sebelumnya, kalau ada kamu sebaiknya mengembalikannya seperti semula, kalau lupa sebaiknya pilih opsi 'Loading BIOS default'.

  4. Bila langkah-langkah di atas gagal semua, kemungkinan ada kerusakan pada hardware kamu. Kerusakan pada umumnya terletak pada memori dan harddisk. VGA dan mainboard mungkin juga bisa rusak, tapi kemungkinannya sangat kecil.


catatan: Kerusakan driver VGA card bisa juga menyebabkan Windows tak bisa masuk. Kamu harus startup di 'safe mode' lalu uninstall driver VGA yang rusak dahulu, dan baru install kembali driver VGA yang benar pada saat masuk ke Windows secara normal.

Apakah artikel ini membantu anda? Tolong tinggalkan saran/komentar di bawah sini.
Like This Article ?

1 komentar:

 
 
Copyright © 2013 BISNIS-NGEBLOGG - All Rights Reserved
Design By Junaedi Abdillah - Powered By Blogger