Minggu, 26 September 2010

Ternyata, Tidur Selama 8 Jam Bukan Durasi Tidur Terbaik.


Orang yang tidur selama lebih atau kurang dari tujuh jam, mengalami peningkatan risiko penyakit jantung. (Foto: timesunion)

PENELITIAN baru di Amerika Serikat mengklaim bahwa tidur selama tujuh jam adalah durasi terbaik bagi kebanyakan orang dewasa. Hasil penelitian ini meruntuhkan keyakinan bahwa durasi tidur ideal adalah 8 jam.

Penelitian yang dilakukan oleh peneliti di West Virginia University ini ditemukan bahwa orang yang tidur selama lebih atau kurang dari tujuh jam, mengalami peningkatan risiko penyakit jantung. Sementara tidur kurang dari lima jam, meningkatkan risiko lebih dari dua kali lipat terhadap gangguan angin duduk (angina), serangan jantung, atau stroke.

Studi lain—yang juga diterbitkan dalam jurnal Sleep Amerika Serikat—menunjukkan bahwa akhir pekan yang kerap dijadikan "balas dendam" untuk para pekerja tidur lebih lama, ternyata tidak mengurangi risiko tersebut.

"Gaya hidup yang mengakibatkan kurangnya waktu tidur selama hari-hari kerja secara berlanjut dapat mengakibatkan tekanan serta kemungkinan peningkatan kesalahan dan kehilangan kewaspadaan (dalam bekerja)," kata Dr David Dinges dari University of Pennsylvania.


Dimohon tinggalkan komentar anda di bawah sini.


Like This Article ?

4 komentar:

  1. 7 jam.. uhm..
    tapi masih aja ngantuk nek kuliah dengan dosen :D

    BalasHapus
  2. wah,sebagai mahasiswa arsitektur,,waktu tidurku agak kacau..kadang bisa tidur sepuasnya (lebih dari 7 jam),,terkadang tidak tidur sama sekali selama lebih dari 72 jam!!!..

    gimana resiko yang akan muncul dengan jadwal tidur seperti itu??

    *btw,,menurutku,,waktu tidur bukan pengaruh utama..kualitas tidur malah lebih penting..
    aku pernah tidur cuma 4jam dengan nyenyak, paginya bangun,badan terasa segar dan semangat.
    pernah juga tidur selama 7 jam lebih dikit,,bangunnya terasa letih karena tidur nggak nyenyak..

    BalasHapus
  3. Tudur terlalu lama juga membuat badan ini tersa tidak sehat. Semua yang terlalu berlebihan membuat badan kita menderita.

    Dengan mengatasi permasalahan yang kecil, kita dapat menyelesaikan permasalahan yang besar.

    Salam dan sukses selalu.

    BalasHapus

 
 
Copyright © 2013 BISNIS-NGEBLOGG - All Rights Reserved
Design By Junaedi Abdillah - Powered By Blogger