Minggu, 10 Oktober 2010

5 Tips Merancang Jalan Menuju Pensiun Dini


Anda tentu tidak ingin jadi pegawai sampai usia mencapai 70 tahun kan? Sudah jelas kebanyakan dari kita akan menjawab 'Tidak.' Anda jelas punya keinginan mendapat kebebasan untuk melakukan traveling, meluangkan lebih banyak waktu untuk keluarga dan melakukan hobi. Jadi bagaimana caranya membuat jalan agar kita dapat melakukan pensiun lebih awal? Ikutilah 5 tips merancang jalan menuju pensiun dini di bawah ini:

1. Jangan hanya berorientasi pada tugas kerja yang dibebankan secara individual pada Anda. Cari kesempatan untuk mengambil lebih banyak tanggung jawab. Dengan meningkatkan keterampilan terus-menerus akan lebih memungkinkan Anda dapat promosi kenaikan jabatan lebih cepat. Dengan pilihan karir yang lebih baik, akan melancarkan jalan menuju pensiun lebih awal.


2. Network, network dan network. Profesional Anda dan jaringan personal akan membuktikan seberapa nilai diri Anda dan tentu saja karir Anda. Jalin hubungan yang baik dengan rekan kerja lama dan hadiri acara networking yang berhubungan karir.


3. Perkecil pengeluaran. Hidup berhemat kedengarannya memang gampang dilakukan, tapi banyak orang yang ternyata sulit menerapkannya. Bila Anda ingin mencapai tujuan pensiun lebih awal, berusahalah untuk mematuhi prinsip hidup hemat ini. Pertahankan pengeluaran Anda pada batas tertentu di mana Anda masih dapat menabung setidaknya 10% dari penghasilan. Dan aturan utamanya, bila Anda tidak punya cukup uang cash jangan gunakan kartu kredit.


4. Jangan beli rumah berukuran besar. Jangan tergoda membeli rumah mewah kecuali bila pendapatan Anda besar. Pertahankan cicilan yang tetap dalam batas kendali keuangan Anda untuk setiap bulannya.


5.
Temukan sumber pendapatan pasif. Mungkin memang butuh waktu untuk mendapatkan sumber pendapatan sampingan, tapi saat sudah menemukan yang tepat dan sesuai saat luang yang Anda miliki, ini akan jadi investasi waktu juga buat Anda. Dengan pendapatan tambahan jalan menuju pensiun dini lebih memungkinkan segera tercapai.

Dimohon tinggalkan komentar anda di bawah sini.
Like This Article ?

0 komentar

Posting Komentar

 
 
Copyright © 2013 BISNIS-NGEBLOGG - All Rights Reserved
Design By Junaedi Abdillah - Powered By Blogger