Minggu, 14 November 2010

7 Tips Membuat PC Hemat Energi

1. Matikan PC kalau sedang tak digunakan. Mudah, kan?


2. Gunakan fitur yang mengistirahatkan harddisk ketika harddisk tak diakses. Paling tidak ada dua keuntungan. Harddisk lebih awet dan PC lebih hemat daya listrik.



3. Copot semua perangkat yang tercolok ke PC tapi sudah tak digunakan. Maklum, beberapa perangkat jinjing, seperti pemutar MP3, menyedot daya untuk mengisi daya baterai. Kalau baterainya telah penuh, cabut!


4. Coba jelajah pengaturan berbagai perangkat. Siapa tahu ada pengaturan untuk menghemat daya. Biasanya, perangkat modern sudah memiliki pengaturan semacam ini.


5. Periksalah program-program yang berjalan secara otomatis ketika PC dinyalakan. Buang program yang tak perlu. Misalnya, apa bluetooth harus selalu dinyalakan? Apa adapter jaringan nirkabel harus selalu stand-by walaupun PC berada di luar jaringan nirkabel?


6. Matikan semua periferal yang tak dibutuhkan. Kalau printer, scanner, speaker, atau periferal lainnya sedang tak digunakan, matikan saja.


7. Pada PC desktop, monitorlah yang memakan daya listrik paling banyak. Triknya, atur tingkat brightness sedikit lebih gelap.


Kedengaran seperti “enggak ngaruh” ya? Berapa daya sih yang dapat dihemat kalau 7 tips diikuti? Buat 1 PC, mungkin tak banyak. Tapi kalau ribuan PC yang melakukannya? Berapa daya yang dapat dihemat?


Dimohon tinggalkan komentar anda di bawah sini.


Like This Article ?

10 komentar:

  1. makasi tipsnya

    walau biasanya tinggal pakai karena ada yang bagian oprek2 tapi paling g sekarang bisa sedikit membantu ^^

    BalasHapus
  2. info'y bgus sob,,,sharing trus ya..^^

    BalasHapus
  3. Jaya hemat energi!!! thanks atas kunjungan dan sarannya

    BalasHapus
  4. wah, mantaps tipsnya bro, berlaku untuk laptop juga ya?

    BalasHapus
  5. Komandan, mau tanya soal poin #2, fitur apa saja yg dimaksud? apakah berupa software? trims, great tips for green earth :)

    BalasHapus
  6. tips ini mungkin dan pastinya berpengaruh terhadap hematnya energi, hanya mungkin bagi sebagian orang dan termasuk saya jarang memperhatikan tentang kampanye hemat energi karena ya itu sepele lah.. dan lainnya, btw ini postingan yang keren...

    BalasHapus
  7. hemat energi adalah salah satu jalan untuk menghemat uang, trik yg hebat
    selamat idul adha 1431 h

    BalasHapus
  8. Tentu saja banyak bintang yg lebih banyak dari matahari, eh mas... untuk misi yg ditulis gede di atas blog ini, i like this... hehe

    BalasHapus
  9. Hemat energi, hemat biaya... ^_^
    Btw, background blog yang lebih gelap kalo ga salah juga ikut menurunkan daya listrik monitor... cmiiw.

    BalasHapus

 
 
Copyright © 2013 BISNIS-NGEBLOGG - All Rights Reserved
Design By Junaedi Abdillah - Powered By Blogger