Minggu, 09 Januari 2011

7 Tips Mengatasi Sifat Pelupa

Lupa mematikan air kran di kamar mandi, charger ponsel tertinggal di rumah atau lupa janjian dengan rekanan, mungkin sebagian dari hal-hal yang pernah Anda alami selama ini. Sifat pelupa kadang memang membuat semuanya menjadi kacau dan berantakan. Berikut ini 7 Tips mengatasi sifat pelupa Anda:


1. Punya Rencana. Seseorang yang punya sifat pelupa, wajib memiliki daftar untuk menulis semua rencana, termasuk hal-hal kecil sekalipun dan bikin check-list. Misalnya menulis daftar barang belanja yang akan Anda beli. Coret setiap hal yang sudah Anda lakukan. Lama kelamaan, Anda akan terbiasa bikin perencanaan dan tak (cepat) lupa, sehingga hidup Anda lebih terorganisasi.

2. Lebih Rapi. Kacamata tertinggal di kamar mandi, sikat gigi tertingal di rumah saudara dsb. Untuk itu, tempatkan barang-barang pribadi Anda di satu tempat sehingga Anda mudah mengeceknya jika tak ada. Sebaliknya, jangan mencampur semua barang menjadi satu, tempatkan sesuai jenisnya.

3. Jangan Panik. Seringkali pada waktu Anda lupa menaruh barang, Anda justru menjadi semakin panik dan kesal. Perlu Anda ketahui bahwa sikap panik tersebut justru akan membuat Anda semakin lupa. Jadi, sebaiknya Anda perlu menarik nafas dalam-dalam sejenak dan tenangkan diri dulu. Karena di saat santai, Anda akan lebih mudah mengingat.

4. Kembalikan Pada Tempatnya. Karena kesibukan dan keterbatasan waktu yang Anda miliki, kadang Anda sembarangan menaruh barang-barang Anda. Untuk itu, mulai sekarang, biasakan untuk berdisiplin mengembalikan barang pada tempat semula (atau ke pemiliknya, jika Anda meminjamnya), setelah selesai dipergunakan. Dan buat barang-barang milik Anda yang dipinjam, mintalah pada siapa pun yang meminjam buat mengembalikannya di tempat semula.

5. Mengulang. Seringlah mengulang-ulang apa yang hendak diingat aau dihafal. Langka ini membantu memudahkan ingatan dalam memperhatikan hal-hal penting. Misalnya, ulangi dalam hati kalau hari ini Anda harus menelpon klien penting, dsb.

6. Minta Tolong Teman. Masih belum dapat juga menghilangkan sifat pelupa Anda? Coba minta tolong teman atau pacar untuk membantu. Katakan padanya untuk mengingatkan Anda bila bermaksud mengerjakan sesuatu hari ini. Jika teman Anda keberatan, gunakan fasilitas reminder di ponsel. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa otak Anda bekerja seperti halnya harddisk, jadi semakin banyak ruang sisa (freespace) akan semakin cepat kerjanya. Anda bisa membantu kerja otak Anda untuk dengan mengurangi memorynya hanya untuk hal-hal penting saja, sedangkan hal-hal yang tak terlalu penting (nomor telepon, formula perhitungan, jadwal bertemu klien, to-do-list-job) dapat Anda ’serahkan’ kepada organizer yang sekarang bisa berbentuk buku, ponsel, ataupun PDA.

7. Jangan Menunda. Semua poin diatas akan membantu mengatasi sifat pelupa Anda kalau segera dilakukan. Menunda-nunda melakukannya, membuat Anda malah ‘menabung’ permasalahan.

Dimohon tinggalkan komentar anda di bawah sini.


Like This Article ?

6 komentar:

  1. trik yang bagus bagi saya, krn saya pelupa :D

    iya saya menggunakan alat bantu dengar, dulu saya minder krn pakai ABD, tapi kemudian saya lebih percaya diri setelah mengunjungi blog yusnita febri, dia juga pemakai ABD

    http://yusnitafebri.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. poin 4, mengembalikan pada tempatnya, yg paling aku setujui

    BalasHapus
  3. Wah... Sangat bermanfaat... Musti dicoba nih, soalnya aq juga termasuk kategori pelupa... hehehehehe...

    BalasHapus
  4. Kalo prinsip ku sih, kalo barang ku gak ada, pasti ada yang geserin barang itu ke tempat laen, misal keselip or di selip. Atau bisa juga karena barangnya gak di taruh pada tempat biasanya.

    ehehe... aplikasi point 2 dan 4 ya...

    BalasHapus
  5. Kalau pelupa tentang apa yg kita baca/kita dengar bagaimana caranya ???

    BalasHapus

 
 
Copyright © 2013 BISNIS-NGEBLOGG - All Rights Reserved
Design By Junaedi Abdillah - Powered By Blogger