Minggu, 09 Oktober 2011

Ada Beberapa Tips Menghemat Baterai Android


Selain hal-hal menarik yang bisa didapat dari sebuah ponsel bersistem operasi android, terkadang smartphone yang satu ini juga sering ‘menjengkelkan’. Betapa tidak, terkadang kita harus mencharge 2 kali sehari, bahkan lebih. Mengapa baterai ponsel Android cepat boros? Ada beberapa faktor yang mempengaruhi cepatnya daya baterai Android berkurang, dapat dikelompokkan dalam 4 hal:

1. Display dan Menu

Rata-rata display ponsel Android berdimensi lebar untuk mengadopsi fungsi touchscreen. Memang nyaman untuk digunakan, namun juga boros daya. Apalagi bila kita sembarangan mensetting kecerahan display (brightness), sering menggunakan fungsi-fungsi touchscreen, menggunakan live wallpaper, widget yang banyak memenuhi homescreen.

2. Internet dan Updating Terus-Menerus

Bila anda menggunakan koneksi internet unlimited dan mengaktifkan facebook dan twitter, rajin membuka browser, atau memutar video youtube, maka daya baterai ponsel Android anda bakalan cepat habis.

3. Jeroan Ponsel

Ponsel Android dengan prosesor yang lebih ramah daya, display yang efisien, konektivitas yang tidak makan banyak energi tentu akan bisa digunakan lebih lama dibanding dengan android jadul dengan prosesor boros baterai berlayar resistive kuno.

4. Kebiasaan Pengguna

Jangan terlalu menyalahkan si Android. Kebiasaan Anda pun dapat menyebabkan baterai cepat habis. Seperti menonton film (HD lagi!), mencharge terlalu lama, memutar musik keras-keras, main game berlebihan. Semua akan membuat energi si Android cepat terkuras.

Lalu bagaimana cara agar baterai Android tak cepat habis? Berikut beberapa tips yang siap untuk diujicobakan ke Android kesayangan Anda.

1. Matikan animasi dan widget yang tidak perlu. Animasi memang menarik, namun cukup menyita daya. Live wallpaper widget dengan ikon animatif, widget penanda waktu (toh sudah ada jam kecil di bar bagian atas!, bila tidak terlalu diperlukan lebih baik tak digunakan.

2. Gelap itu membantu. Penggunaan wallpaper dengan warna yang lebih gelap, pengaturan launcher dengan warna-warni sederhana ikut membantu anda menghemat baterai Android.

3. Atur durasi. Aturlah interval waktu akses bila anda memaksakan untuk memasang widget yang terus-menerus mengakses internet seperti facebook, twitter, atau prakiraan cuaca. Fitur autosync, dapat juga diatur durasinya misalnya tiap 15 menit atau 1 jam. Bila tidak terlalu penting, anda dapat mengupdatenya secara manual setiap saat anda menginginkannya.

4. Gunakan mode 2G untuk daerah minim sinyal 3G.

5. Matikan koneksi, GPS, Bluetooth, Wifi memiliki sifat rakus daya. Matikan bila tak diperlukan melalui menu setting.

6. Instal aplikasi penghemat baterai. Ada aplikasi yang secara langsung bisa mengurangi konsumsi daya. Ada pula yang secara tak langsung, misalnya dengan membantu mematikan koneksi internet bila tak diperlukan. Kita sebut saja beberapa aplikasi yaitu APNDroid, Juice Defender (free di market), dan Green Power Premium.

Dimohon tinggalkan komentar anda di bawah sini.


Like This Article ?

4 komentar:

  1. ass
    trims tipsnya
    saya jadi tahu cara menghemat baterei android

    BalasHapus
  2. hmm.. saya belum pakai anroid, tapi ada rencana buat beli..
    tx infnya..

    oya, advertisingnya agak mengganggu nih.. just saran..

    BalasHapus
  3. Belum juga bunya androin tapi dah tau cara menanganinya...

    BalasHapus
  4. keren sob infonya,,, sukses slalu... mampir sob.. http://infomadhi.com

    BalasHapus

 
 
Copyright © 2013 BISNIS-NGEBLOGG - All Rights Reserved
Design By Junaedi Abdillah - Powered By Blogger