Rabu, 01 Februari 2012

Ada Beberapa Tips Mengatasi Lemot Pada Ponsel


Sebagai sebuah perangkat canggih, ponsel dibangun dengan sistem terpadu ibarat sebuah komputer mini. Tentu bagi Anda pemilik ponsel, terutama tipe smartphone, menginginkan agar ponsel mempunyai kinerja yang dapat ‘berpikir’ cepat, dan mengolah beragam aplikasi tanpa kendala. Tapi tidak sedikit, kita jumpai ponsel yang ‘loading’ aplikasinya sangat lama. Nah, penyebab lambatnya loading pada ponsel hampir sama dengan komputer.

Indikasi problem loading yang lama seperti hape yang memiliki RAM (Random Access Memory) kecil, pengaturan file acak-acakan, terlalu banyak menyimpan data, terlalu banyak install aplikasi, sering install dan uninstall aplikasi, dapat memburuk kinerja ponsel secara masif. Ponsel yang lambat ini biasanya dialami oleh hape yang menggunakan sistem terbuka, seperti Symbian. Tetapi ada pula ponsel yang menggunakan sistem tertutup, seperti Java mengalami masalah seperti ini.
Berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencegah loading lama pada aplikasi, dan pastinya dapat meningkatkan kecerdasan pada ponsel Anda.

1. Bila ponsel Anda mendukung memori eksternal (memori tambahan), sebaiknya tidak terlalu besar memori yang digunakan.

2. Susun data-data atau file Anda. Misalnya Anda memiliki files dokumen simpanlah pada folder Dokumen, files gambar simpan pada folder Gambar, dan lainnya.

3. Bika Anda sering menggunakan ponsel untuk internet, sebaiknya hapus cache dan cookies. Cache merupakan data sementara yang di simpan di memori ponsel agar sewaktu membuka halaman yang sama tidak perlu men-download lagi dari internet, sedangkan cookies sebagai penyimpan data seperti password, sehingga jika masuk suatu site yang mengharuskan log in (seperti Facebook) tidak perlu log in lagi.

4. Hapus files atau ubah waktu penyimpanan file log sesingkat mungkin, misalnya satu hari. File log merupakan data yang menyimpan catatan keluar masuknya telepon.

5. Bagi Anda yang menggunakan ponsel Symbian jangan menekan tombol merah (tombol untuk menolak panggilan) bila ingin keluar dari fitur-fitur, sebab hanya dengan menekan tombol akhir panggilan, sebenarnya fitur/aplikasi tersebut masih aktif.

6. Minimal sisakan 20 persen dari total kapasitas kartu memori.

7. Bila dirasa tak terlalu penting untuk menggunakan kode pengaman, sebaiknya non aktifkan fitur tersebut, karena fitur ini juga memakan memori pada ponsel.

8. Apabila ponsel Anda sudah terasa lemot, coba gunakan hape tanpa menggunakan kartu memori. Bila tanpa kartu memori ponsel Anda lancar sebaiknya kartu memori di format. Sebelum di format backup data-data penting Anda.
9. Setiap 2 atau 3 hari restart hape Anda supaya lebih fresh.

Dimohon tinggalkan komentar anda di bawah sini.

Like This Article ?

5 komentar:

  1. blog walking kawan,
    di tunggu ya kunjungan dan komentar baliknya di blog saya

    BalasHapus
  2. ponsel saya terkadang lemot sobat dan tips sobat bisa di coba...
    makasih yach sobat...

    BalasHapus
  3. Tips mempercepat kinerja hp yang menarik Sob...nice tips and happy blogging

    BalasHapus

 
 
Copyright © 2013 BISNIS-NGEBLOGG - All Rights Reserved
Design By Junaedi Abdillah - Powered By Blogger