Minggu, 04 November 2012

Lima Tips Promosi Untuk Bisnis Sampingan

tips pemasaran 147x200 Tips Pemasaran Untuk Bisnis Sampingan

Menekuni dua peran yang berbeda, tentunya bukan urusan mudah bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Tantangan ini pula yang sering memaksa para pemula, hingga harus menyerah di tengah jalan ketika menjalankan bisnis sampingan. Sebab, sebagai seorang karyawan, pelajar, mahasiswa, ataupun ibu rumah tangga, pastinya kita dituntut untuk tetap fokus dalam menyelesaikan rutinitas harian yang kita miliki, sehingga untuk mengembangkan bisnis sampingan kita harus pintar-pintar membagi waktu, tenaga, dan pikiran agar keduanya bisa berjalan dengan seimbang.
Karena itu, untuk memudahkan para pemula dalam menjalankan bisnis sampingan, berikut kami informasikan  5 tips promosi untuk bisnis sampingan yang dapat Anda praktekkan tanpa mengganggu rutinitas harian yang harus Anda kerjakan:

1. Promosi ke orang-orang terdekat
Sebagai permulaan, Anda bisa mulai mempromosikan bisnis sampingan yang sedang dijalankan kepada orang-orang di sekitar Anda. Misalnya saja menawarkannya kepada rekan kerja Anda, teman sekolah ataupun kuliah, keluarga besar Anda, tetangga sekitar, serta memperkenalkan produk unggulan Anda ke komunitas yang Anda miliki. Melalui strategi promosi word of mouth (dari mulut ke mulut), bisnis Anda bisa dikenal banyak orang dan mendatangkan keuntungan yang maksimal.
2. Memanfaatkan sosial media untuk memperluas pemasaran
Melihat perkembangan bisnis online yang semakin hari kian menjanjikan, tak ada salahnya jika Anda memanfaatkan sosial media yang berkembang saat ini untuk memperluas pemasaran bisnis Anda. Jangkauan pasarnya yang tidak terbatas jarak dan waktu, serta mudahnya akses internet di sekitar kita, cukup membantu Anda untuk memasarkan bisnis sampingan di sela-sela padatnya jadwal harian yang Anda miliki.
3. Menjalin kerjasama dengan para reseller
Ketika waktu, tenaga, dan pikiran kita cukup terbatas, maka alternatif lain yang harus kita lakukan yaitu mencari sambungan tangan untuk memasarkan produk unggulan yang kita miliki. Dalam hal ini, tentunya kita dapat membuka peluang kerjasama dengan para reseller di berbagai daerah untuk mengoptimalkan penjualan produk yang kita tawarkan. Semakin banyak jumlah reseller yang Anda miliki, maka semakin besar pula tambahan penghasilan yang dapat Anda dapatkan setiap bulannya.
4. Memilih sistem konsinyasi (titip jual) 
Selain mencari reseller di berbagai daerah, Anda juga dapat memilih strategi pemasaran titip jual (konsinyasi) ke beberapa toko, warung, kantin, atau pusat perbelanjaan yang ada di sekitar tempat tinggal Anda. Dalam menjalankan sistem tersebut, kedua belah pihak sama-sama diuntungkan sehingga banyak toko, warung, maupun pusat perbelanjaan yang dengan senang hati menerima titipan produk dari para produsen maupun distributor. Sebab mereka tak menanggung resiko kerugian ketika barang tak laku terjual, dan bisa mengembalikan sisa dagangan kepada para produsen maupun distributor yang bersangkutan.
5. Mengisi waktu libur untuk membuka lapak di lokasi strategis
Terakhir, Anda juga dapat memanfaatkan waktu libur yang ada untuk membuka lapak dagang di beberapa titik strategis yang ada di sekitar tempat tinggal Anda. Misalnya saja dengan berjualan di depan rumah Anda, membuka lapak dagang di pasar kaget yang sering bermunculan setiap akhir pekan, atau mengikuti kegiatan bazaar dan pameran UKM yang sering diadakan pihak swasta maupun pemerintah.

Dimohon tinggalkan komentar anda di bawah sini.
Like This Article ?

9 komentar:

  1. wah makasih nih tips nya sob...? sangat membantu nih

    BalasHapus
  2. Wah linknya bagus bagus gan.
    banyak info menariknya

    BalasHapus
  3. bisnis sampingan memang asyik ka, sambil beljar berbisnis yang gede-gedean,,lumayanlah buat nambah nambah uang jajan mahasiswa..hehhehe

    BalasHapus
  4. trimakasih om atas tips bisnis sampingannya :D

    BalasHapus
  5. baik gan kalo seperti itu saya akan jalani tips yang agan berikan....terimakasih gan atas informasinya yang sangat bermanfaat

    BalasHapus

 
 
Copyright © 2013 BISNIS-NGEBLOGG - All Rights Reserved
Design By Junaedi Abdillah - Powered By Blogger