Kamis, 03 Januari 2013

Zat Gizi Yang Bagus Untuk Mata Selain Vitamin A

Sebagian besar orang mungkin sudah mengetahui bahwa wortel baik untuk menjaga kesehatan mata. Namun, vitamin A saja tak cukup untuk memenuhi gizi pada mata. Untuk menjaga kesehatan dan keindahan mata sebaiknya konsumsi aneka buah dan sayur karena mata membutuhkan bermacam-macam zat gizi.
1. Lutein dan Zeaksantin
Sejumlah studi menunjukkan kedua jenis antioksidan yang masuk golongan karotenoid ini mampu mengurangi risiko penyakit mata kronis, termasuk katarak dan AMD. Tidak heran bila belakangan lutein dan zeaksantin makin populer sebagai nutrisi penyehat mata.  Sumber lutein antara lain cabai atau paprika kuning, mangga, bayam, brokoli, sawi. Zeaksantin dapat diperoleh dari paprika jingga, brokoli, jagung, lettuce, bayam, buah asam, jeruk, dan telur.
2. Vitamin C
Vitamin ini bisa menurunkan risiko terjadinya katarak dan memperlambat perkembangan AMD serta hilangnya ketajaman visual. Banyak terdapat dalam jambu biji, jeruk, bayam, pisang, apel, tomat, pepaya, nenas, brokoli, stroberi, paprika, kiwi, dan blewah.
3. Vitamin E
Dapat melindungi sel-sel mata dari kerusakan akibat radikal bebas. Sumber vitamin E antara lain almon, kacang tanah, ubi jalar, bayam, sawi, pepaya, asparagus, paprika.
4. Asam lemak esensial
Membantu memelihara sistem saraf, memberi energi bagi sel-sel dan meningkatkan sistem imun. Omega-3 penting untuk perkembangan visual yang baik dan fungsi retina. Sumber omega-3 misalnya ikan salmon, tuna, kakap, makarel, bilis, sardin, tiram, kedelai, tahu.
5. Zinc
Tras mineral ini disebut juga molekul penolong. Berperan penting dalam mengangkut vitamin A dari hati ke retina untuk memproduksi melanin, pigmen pelindung di mata. Zinc terkonsentrasi tinggi di mata, terutama retina dan koroid, lapisan jaringan pembuluh darah yang ada di bawah retina. Sumbernya daging sapi, lobster, udang, telur, salmon, susu, yoghurt, biji wijen, biji labu, oat.
6. Sulfur
Membantu menjaga lensa mata tetap kuat. Kandungan ini dapat diperoleh dari bawang putih dan sayuran keluarga kol.


Dimohon tinggalkan komentar anda di bawah sini.
Like This Article ?

7 komentar:

  1. mantab sob, mata memang adalah salah satu organ terpenting tubuh, jadi harus dijaga dan diberi gizi yang baik, biar sehat matanya.

    BalasHapus
  2. Ternyata banyak juga alternatif yang bisa dipergunakan untuk menjaga skesehatan mata. Terima kasih.

    BalasHapus
  3. oke sob, info menarik. jangan lupa blogwalking ya ke
    http://badaikagaku.blogspot.com

    BalasHapus
  4. Fantаstiс goods from you, man. І have understand уour stuff previous to and yοu are juѕt tοo excellent.
    I aсtually lіke what you've acquired here, certainly like what you are saying and the way in which you say it. You make it entertaining and you still care for to keep it smart. I cant wait to read far more from you. This is actually a terrific website.
    Here is my webpage ... Loans for Bad Credit

    BalasHapus
  5. ane kerja di depan komputer jadi ini artikel berguna banget buat ngejaga kesehatan mata.. hehe

    BalasHapus
  6. yang kaya gini nih baru informasi yang bermanfaat...

    BalasHapus

 
 
Copyright © 2013 BISNIS-NGEBLOGG - All Rights Reserved
Design By Junaedi Abdillah - Powered By Blogger