Rabu, 07 Agustus 2013

Mengatasi Perut Kembung Dengan Bahan Alami

Bahan Alami Atasi Perut Kembung
Perut kembung atau flatulensi yaitu gangguan yang terjadi akibat adanya peningkatan jumlah gas atau udara di saluran pencernaan. Gas-gas eksogen yang ditelan (aerophagia) saat makan, minum, atau menelan dapat meningkat selama volume air liur berlebihan. Selain itu, dapat juga diakibatkan oleh penyakit gastroesophageal reflux yang bisa menimbulkan mual.
Gangguan perut kembung ditandai dengan berbagai gejala, seperti:
  • Muncul rasa sesak di perut
  • Mulas bahkan diare
  • Kerap mengeluarkan gas saat makan ataupun beberapa saat setelah makan
Meski belum makan terkadang perut sudah terasa penuh, sebah, mual, dan kembung. Kondisi seperti ini tentu saja bisa membuat perut menjadi tak nyaman. Untuk mengatasinya sebaiknya jangan buru-buru mengkonsumsi obat-obatan kimia. Anda dapat mengatasinya dengan ramuan dari bahan alami yang mudah didapat.
Beberapa obat tradisional memiliki khasiat yang terbukti dapat meredakan perut kembung, sebah, mual, dan menetralkan asam lambung. Berikut ini beberapa ramuan alami yang dapat Anda manfaatkan untuk meredakan gangguan di perut.
Ramuan 1
Ambil sari jeruk nipis, parut jahe dan ambil sarinya, serta siapkan madu. Campur ketiga bahan tersebut dalam satu gelas air hangat, aduk hingga rata, lalu segera minum selagi hangat.
Ramuan 2
Haluskan 1 sendok teh ketumbar yang sudah disangrai sebelumnya. Campur bubuk ketumbar dalam segelas susu hangat, minum lalu berbaring sebentar untuk meredakan gangguan di perut.
Ramuan 3
Campurkan 4 lembar daun peppermint dalam segelas teh panas, diamkan beberapa saat dan perut akan terasa lebih hangat.
Ramuan 4
Taruh jahe yang sudah dimemarkan ke dalam gelas lalu masukkan teh panas. Diamkan sebentar lalu minum selagi hangat. Bila ingin lebih nikmat, Anda dapat menambahkan madu untuk pemanisnya.
Ramuan 5
Mengompres dengan air hangat juga bisa menghilangkan nyeri pada perut dengan sendirinya. Jika Anda tidak memiliki alat kompres dari karet, gunakan saja botol kaca yang diisi dengan air panas. Agar perut tak kepanasan, balut botol dengan serbet sebelum ditempel ke perut.
Bahan alami di atas mudah didapat dan berkhasiat mengatasi masalah pencernaan, sehingga buang angin lebih lancar dan perut menjadi lebih nyaman.
Dimohon tinggalkan komentar anda di bawah sini.
Like This Article ?

7 komentar:

 
 
Copyright © 2013 BISNIS-NGEBLOGG - All Rights Reserved
Design By Junaedi Abdillah - Powered By Blogger