Minggu, 16 Mei 2010

9 Tips Mempromosikan Blog Lewat Facebook

1. Promosikan Blog Anda di Halaman Profil Facebook Anda
Posisi halaman Profil yang berada di bagian pojok kiri atas dashboard Facebook merupakan salah satu nilai lebih yang sangat strategis untuk mempromosikan blog Anda. Setiap orang yang masuk ke halaman Facebook Anda, bisa dipastikan akan melihat bagian Profil terlebih dahulu. Karena itu, pastikanlah Anda telah mencantumkan informasi tentang blog dan alamat blog Anda di halaman Profil.

2. Cantumkan Alamat Blog Anda di Halaman Info Facebook Anda
Selain di halaman Profil, Anda bisa mempromosikan blog Anda melalui halaman Informasi Kontak. Cantumkanlah alamat URL blog Anda di halaman Informasi Kontak dan atur agar kotak Informasi Anda tampil tepat di bawah halaman Profil. Keuntungan mencantumkan alamat URL blog di halaman Informasi Kontak adalah sifatnya yang clickable sehingga pembaca halaman Facebook Anda bisa langsung mengklik alamat blog Anda.

3. Manfaatkan Fitur Status Facebook untuk Update Aktivitas Blogging Anda
Fitur Status nyaris merupakan fitur paling penting dan paling sering digunakan oleh anggota Facebook. Alih-alih hanya meng-update aktivitas rutin harian, tak ada salahnya jika Anda juga meng-update aktivitas Anda di dunia blogging. Misalnya: posting terbaru yang Anda tulis di blog Anda. Jangan lupa untuk sering mencantumkan shortened link yang menuju ke halaman posting artikel di blog Anda sehingga memudahkan pembaca Status Anda untuk mengunjungi blog Anda.

4. Manfaatkan Fitur Catatan Facebook untuk Informasi Blog Anda
Salah satu fitur penting Facebook yang sangat efektif sebagai sarana promosi blog Anda adalah fitur Catatan (Notes). Dengan membuat halaman Catatan, Anda bisa menulis catatan pribadi berkaitan dengan aktivitas blogging ataupun info seputar blog pribadi Anda. Selain menulis catatan sendiri, Anda juga bisa meng-import RSS Feed blog Anda sebagai posting otomatis di halaman Catatan Facebook. Dengan cara ini, setiap kali Anda memposting artikel di blog Anda, maka artikel tersebut akan tampil juga di halaman Catatan Facebook Anda.

5. Manfaatkan Aplikasi Facebook Untuk Blogger
Sayang sekali jika Anda tidak memanfaatkan fitur Aplikasi Facebook, terutama yang berhubungan dengan aktivitas blogging. Untuk keperluan mempromosikan blog Anda, setidaknya 3 Aplikasi Facebook saya rekomendasikan untuk Anda gunakan: Simplaris Blogcast, NetworkedBlogs dan Blog RSS Reader. Jangan lupa untuk menampilkan ketiga Aplikasi ini sedekat mungkin dengan bagian Profil di sebelah kiri atas halaman Facebook Anda. Dengan memanfaatkan ketiga Aplikasi ini, pembaca halaman Facebook Anda bisa mengunjungi blog Anda, memberikan komentar, thumb up maupun menjadi followers blog Anda.

6. Buat Group Facebook Anda Sendiri
Sudahkah Anda memiliki Group Facebook Anda sendiri? Jika belum, sekaranglah saatnya untuk membuat. Dengan membuat Group Anda sendiri, Anda bisa membangun komunitas khusus mengenai topik atau minat tertentu yang berkaitan dengan niche blog Anda. Lewat fitur Group, Anda juga bisa menjalin komunikasi lebih terarah dan intim dengan pembaca blog Anda.

7. Undang Teman Untuk Bergabung Dengan Group Anda
Ya, jangan lupa undang teman-teman Anda untuk menjadi anggota Group Anda dan mulailah membangun profil Group Facebook Anda sendiri. Facebook memberikan pilihan mengundang calon anggota Group Anda dengan meng-import data email pribadi yang Anda miliki. Semakin kreatif Anda mengelola Group Anda, maka akan semakin banyak pula anggota Group Anda.

8. Bergabunglah Dengan Group Yang Anda Minati
Selain membuat Group sendiri, Anda juga bisa bergabung dengan group yang sudah ada dan sesuai dengan topik niche blog Anda. Jangan lupa mencantumkan nama dan alamat blog Anda sebagai signature keanggotaan Anda di setiap Group yang Anda ikuti. Meskipun demikian, jangan menjadi spammer. Jadilah anggota Group yang aktif berbagi dan mentaati etiket berkomunikasi secara online melalui Group Facebook.

9. Buat Halaman Facebook (Facebook Page) untuk Blog Anda
Belum banyak blogger yang memanfaatkan Halaman Facebook (Facebook Page) untuk mempromosikan blognya. Padahal, Halaman Facebook sejatinya diciptakan secara spesifik untuk keperluan promosi. Karena itu, jika Anda belum memiliki Halaman Facebook untuk blog Anda, segeralah membuatnya. Toh gratis tanpa biaya kok. Dengan memiliki Halaman Facebook khusus untuk blog Anda, Anda bisa lebih terfokus untuk mempromosikan blog Anda kepada pembaca halaman Facebook Anda.

Apakah artikel ini membantu anda? Kutunggu komentar anda
Like This Article ?

0 komentar

Posting Komentar

 
 
Copyright © 2013 BISNIS-NGEBLOGG - All Rights Reserved
Design By Junaedi Abdillah - Powered By Blogger